Cek Resi JNE: Lacak Paket Kiriman Anda dengan JNE Tracking



Cek resi JNE - Sebagai perusahaan logistik terdepan dan dipercaya banyak orang sejak tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau lebih dikenal dengan nama JNE Express memiliki banyak layanan yang memudahkan orang untuk mengirimkan paket. Perusahaan ini juga jadi andalan banyak bisnis untuk pengiriman barang, karena memiliki lebih dari 6.000 titik layanan di seluruh Indonesia.

Ekspedisi ini menghadirkan banyak layanan pengiriman yang memudahkan Anda mengirim paket. Ekspedisi ini juga menyediakan lacak paket JNE dengan JNE resi agar Anda tahu di mana lokasi barang yang sedang dikirim.Jne trackingbisa dilakukan, dengan menggunakan JNE tracking number atau nomor resi.

Anda bisa melacak proses pengiriman paket, dengan JNE airwaybill number alias nomor resi. Namun sayangnya, Anda tidak bisa cek resi JNE dengan nama, karena bisa menyebabkan eror. Ada banyak kesamaan nama orang sebagai penerima, sehingga rawan rancu. Oleh sebab itu, pelacakan hanya bisa dengan nomor resi atau airwaybill number. Bagaimana cara mengecek resi? Simak di bawah ini!

Jenis dan Cek Paket JNE

Sebelum menggunakan jasa pengiriman dan mengecek resi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis layanan dimiliki ekspedisi ini. Umumnya, jenis layanan ini dibagi berdasarkan durasi atau lamanya pengiriman. Adapun beberapa jenis layanan tersebut:

OKE

JNE OKE adalah singkatan dari Ongkos Kirim Ekonomis. Ini merupakan paket paling ekonomis, alias hemat. Mengingat biayanya yang ekonomis, maka durasi pengiriman paket pun lebih lama, sekitar 4-7 hari kerja, bergantung alamat tujuan. Jika memilih paket ini, Anda harus sering cek resi JNE OKE untuk pelacakan lokasi barang yang dikirim.

REG

Layanan JNE reguler adalah layanan yang menjadi favorit pelanggan. Lama pengiriman layanan REG mulai dari 2 -3 hari tergantung lokasi pengiriman barang. Layanan JNE reguler ini biasanya paling banyak digunakan pada e-commerce dan toko online karena harganya tidak terlalu mahal dan proses pengiriman tidak terlalu lama.

YES

Paket pengiriman kilat dengan lama pengiriman 1-2 hari dari JNE Express ini, ditujukan untuk pelanggan yang ingin paketnya cepat sampai. Nama YES sendiri merupakan singkatan dari Yakin Esok Sampai. Kelebihan paket ini adalah adanya money back guarantee atau garansi uang kembali jika paket terkirim tidak sampai keesokan harinya. Namun, sebelum klaim garansi, Anda bisa terlebih dulu cek resi JNE YES.

Istilah dalam Cek Resi JNE Akurat

Kini Anda telah mengetahui tentang jenis layanan yang dimiliki dan siap berkirim barang. Selanjutnya, hal penting untuk diketahui setelah memilih layanan sesuai dengan kebutuhan adalah mengenai istilah yang biasanya digunakan saat pelacakan.
Biasanya, perusahaan logistik ini menggunakan istilah tertentu untuk memudahkan staf sortir atau kurir dalam melakukan pengiriman. Sedangkan, bagi pelanggan, mengetahui istilah dalam lacak JNE ini sangatlah penting, karena fungsi utamanya adalah untuk cek barang JNE yang sedang Anda kirimkan atau segera diterima saat tracking. Beberapa istilah dalam tracking barang:

Manifested (Diletakkan)

Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menginformasikan kalau kiriman sudah selesai disortir dan dimasukkan ke dalam daftar pengiriman. Kalau istilah ini muncul, itu artinya, Anda sudah bisa melakukan tracking atau pelacakan kiriman. Sayangnya, ekspedisi ini hanya meneriman pembayaran tunai, sehingga Anda tidak bisa cek resi JNE cashless.

On Transit (Dalam Proses Transit)

Jika istilah ini muncul saat cek barang JNE melalui website, itu artinya barang terkirim sedang dalam proses transit. Umumnya istilah ini digunakan untuk kiriman beda pulau.

On Process (Dalam Proses)

Proses pengiriman barang sedang berlangsung dan lacak JNE sudah bisa kembali dilakukan. Umumnya istilah ini digunakan jika barang terkirim sudah melalui proses manifested dan dalam perjalanan.

Received on Destination (Diterima di Tujuan)

Istilah ini muncul saat paket sudah berada di kota tujuan. Jika sudah sampai ke tahap ini berarti paket terkirim, dan akan diantar di hari yang sama atau keesokan harinya.

Delivered (Terkirim)

Barang sudah diterima dengan aman dan selamat di tujuan. Jika kebetulan sedang di luar dan ingin cek paket, pastikan untuk memperhatikan nama penerima saat melakukan pelacakan.

AU (Antar Ulang)

Jika pada hari sebelumnya kurir sudah mengantarkan ke tempat dan tidak ada penerima di alamat tujuan biasanya istilah ini akan muncul saat cek resi JNE resmi. Jika sudah begini, barang Anda akan dikirimkan kembali oleh kurir keesokan harinya.

Nomor JNE Resi untuk Cek Pengiriman JNE

Setelah mengetahui istilah yang muncul saat melakukan tracking, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah cek nomor resi JNE untuk tracking posisi terkini dari paket yang Anda kirim atau segera terima. Nomor ini biasanya bisa Anda temukan dengan mudah, tapi terkadang ada pula orang yang masih kebingungan mencarinya.
Perlu diketahui, cek nomor resi JNE ini berupa kombinasi angka unik yang berbeda antara paket satu dengan yang lain. Saat ini, setidaknya ada dua cara untuk dilakukan konsumen untuk mengetahui nomor resi kirimannya, yaitu:

Kertas Bukti Pengiriman

Kertas ini bisa didapatkan dari agen, saat konsumen telah selesai menyerahkan dan membayar ongkos kirim paket. Jika Anda mengirimkannya dengan mengunjungi cabang JNE terdekat, maka agen akan memberikan bukti tanda terima lengkap dengan nomor resi dengan fungsi utama untuk pelacakan. Nomor ini akan berbeda satu dan lainnya jika kiriman lebih dari satu alamat, meskipun dilakukan pada hari yang sama.

Nomor Resi Otomatis dari E-Commerce

Kalau ternyata Anda melakukan pembelian secara online, bukan berarti tidak bisa lacak kiriman JNE sudah sampai di mana. Penjual online yang menjual barang dagangannya di aplikasi e-commerce dan bersedia mengirim hingga luar kota biasanya akan memasukkan nomor resi sebagai informasi kepada para pembeli. Tujuannya adalah agar para pembeli dapat mengecek proses pengiriman. Pembeli dapat melihat nomor resi ini di tiap aplikasi e-commerce, dalam bentuk fitur cek resi.

Cek Resi JNE REG dan Lainnya

Jika hingga poin ini Anda sudah mengetahui cek no resi JNE untuk pelacakan posisi paket, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengecek resi tersebut untuk mendapatkan informasi terbaru di mana posisi terkini kiriman tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Temukan nomor resi JNE (berupa nomor barcode / e-connote / airway bill) yang bisa didapatkan melalui kertas bukti pengiriman dari penjual atau agen.
  • Masukkan nomor resi atau connote yang sudah Anda miliki pada kotak tracking pengiriman.
  • Klik tombol bertuliskan Cek Resi yang terdapat pada sebelah kanan kotak pencarian.
  • Pada bagian bawah kotak pencarian akan muncul status atau posisi paket yang Anda kirimkan atau akan diterima.
  • Ulangi langkah-langkah di atas untuk tracking paket lainnya.

Komplain Keterlambatan Pengiriman

Masyarakat tentunya tahu kalau JNE Express memiliki banyak sekali paket terkirim setiap harinya. Mungkin jumlah ribuan setiap harinya. Sehingga, keterlambatan dalam pengiriman kadang bisa terjadi, khususnya jika barang terkirim menuju ke daerah terpencil. Jika ternyata hal ini terjadi, maka yang perlu dilakukan adalah komplain. Kemana kita harus melakukannya? Berikut adalah langkah demi langkah untuk dilakukan ketika akan mengajukan komplain.

Cari Tahu Cabang Terdekat

Umumnya di sebuah kota terdapat 2 jenis kantor perwakilan perusahaan yang bisa dijadikan tempat pengaduan keterlambatan atau cek resi JNE, yaitu kantor perwakilan dari pusat dan juga agen kecil di tiap kelurahan atau kecamatan. Anda bisa mencari tahu waktu operasional dan nomor telepon dari keduanya, lalu memilih kantor dengan posisi terdekat dari tempat tinggal saat ini.

Menelepon Nomor Agen atau Cabang Terdekat

Jika sudah mengetahui lokasi terdekat, selanjutnya pelanggan bisa mencoba untuk menelepon kantor perwakilan atau cabang tersebut. Jangan lupa untuk mempersiapkan no resi JNE dari kiriman barang, karena nomor tersebut akan diminta oleh customer service dan mereka akan menjawab telepon untuk cek kiriman JNE milik Anda.

Ambil Sendiri ke Kantor Pengiriman

Jika ternyata Anda disuruh mengambil paket sendiri, pergi ke kantor pusat di kota tempat tinggal. Biasanya hal ini terjadi jika paket sudah diantarkan berkali-kali ke alamat pengiriman dan tidak ada yang menerima, maka pelanggan akan diminta untuk mengambil sendiri paket ke kantor perwakilan perusahaan.
Kalau hal ini sampai terjadi, Anda bisa langsung menuju ke kantor perwakilan pusat yang biasanya ada tiap kota. Tapi perlu diingat, datanglah pada jam operasional ya, karena pengambilan paket hanya dilayani pada jam tersebut.

Mengambil Nomor Antrian

Langkah selanjutnya adalah mengambil nomor antrian. Perlu diketahui kalau paket yang mengalami keterlambatan ada cukup banyak jumlahnya. Untuk itu, jika cek resi JNE sudah tidak membantu, mengambil nomor antrian ke kantor pengiriman terdekat adalah solusinya. Usahakan datang lebih pagi, karena antrian seringkali membludak jika sudah agak siang.

Siapkan Fotokopi KTP atau Kartu Identitas

Untuk mengambil paket, baik itu yang menggunakan produk JNE REG, OKE atau juga YES, nantinya Anda akan diminta untuk melampirkan fotokopi KTP dan nantinya akan digunakan untuk verifikasi data. Selain itu, biasanya juga akan diminta untuk menyebutkan no resi JNE kiriman. Hal ini untuk mencegah agar paket tidak jatuh ke tangan orang yang salah.

Tunggu Nomor Antrian Dipanggil

Setelah proses di atas, tinggal menunggu nomor antrian Anda dipanggil kembali. Paket akan segera diberikan kepada penerima sesuai nomor di KTP. Biasanya di tahap ini penerima paket akan diminta untuk menandatangani kertas bukti kiriman. Jika barang sudah diterima, status paket Anda pada website tracking akan berubah menjadi “delivered”.
Itulah tadi segala hal yang perlu Anda tahu tentang cek resi JNE dan bagaimana cara menemukan JNE resi untuk lacak paket JNE. Ternyata ada cukup banyak hal bisa kita pelajari di balik proses cek resi JNE resmi yang selama ini jarang dibahas secara lengkap. Padahal, pengetahuan seperti ini sangat dibutuhkan agar bisa menguasai teknik pengiriman paket yang tepat dan efisien. Nah, karena sudah paham, sekarang Anda pun sudah siap untuk mengirim barang. Selamat mencoba!