Cek Resi Pos: Lacak Kiriman Lokal & Internasional Anda dengan Kantor Pos



Cek Resi Pos - Bagi masyarakat Indonesia, nama Pos Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi. Perusahaan milik pemerintah atau lazim disebut BUMN ini adalah perusahaan logistik pertama di Indonesia dan telah didirikan sejak tahun 1746 di Batavia (sebelum menjadi Jakarta). Saat itu, peran kantor pos sangat penting, khususnya untuk pedagang yang tinggal di luar Pulau Jawa dan ingin mengirimkan suratnya ke kantor pemerintahan yang pada masa pendudukan Belanda berada di Jawa.

Bergeser ke masa sekarang, perusahaan logistik ini bertransformasi menjadi PT Pos Indonesia, melayani tidak hanya pengiriman surat, tetapi juga paket seperti layaknya jasa pengiriman lainnya. Bahkan, Anda pun bisa membayar tagihan di setiap agen yang saat ini tersebar dari Sabang sampai Merauke, dengan total keseluruhan titik layanan mencapai 24.000 titik di seluruh Indonesia.

Meskipun begitu, karena kata ‘lawas’ cukup melekat dengan kantor pos, banyak sekali orang tidak tahu kalau perusahaan milik pemerintah ini juga menerima kiriman paket dan cek resi pos setelah pengiriman. Sehingga, artikel ini jadi sangat penting dibaca untuk Anda yang masih awam tentang seluk-beluk pengiriman di ekspedisi ini. Penasaran? Yuk, kita langsung simak untuk selengkapnya!

Jenis Layanan yang Dimiliki Pos Indonesia 2020

Sebagai perusahaan logistik tertua dan sudah tidak terlalu sering lagi mengirimkan surat di era modern ini, kantor pos bukan lagi hanya menjadi tempat berkirim surat, tapi juga untuk paket dengan jangkauan di seluruh Indonesia. Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pengiriman paket tersebut, saat ini ekspedisi ini memiliki beberapa layanan dan bisa dijadikan pilihan, yaitu:

Paket Express

Layanan premium untuk masyarakat Indonesia yang menginginkan paketnya dikirimkan dalam kurun waktu 1 hari saja melalui kantor pos. Layanan ini cukup diminati oleh pebisnis online, khususnya dengan kebutuhan agar barang terjual segera sampai di tujuan, entah karena masa kedaluwarsa atau juga berbentuk pecah belah. Tersedia cek kiriman pos online untuk layanan ini, dengan berat maksimal paket diterima seberat 50 kg.

Paket Pos Kilat Khusus

Dengan jaringan sangat luas di seluruh Indonesia, Pos Indonesia track juga menyediakan layanan pengiriman paket dengan durasi pengiriman 2-9 hari kerja, tergantung dengan jarak pengiriman. Seperti layanan sebelumnya, paket kilat khusus ini dilengkapi fitur cek resi pos. Berat maksimum paket yang dapat dikirimkan dengan layanan ini juga sama, yaitu seberat 50 kg.

Paket Jumbo Ekonomi

Kalau Anda berencana mengirimkan paket lumayan berat dan ingin ongkos kirim dengan harga lebih ekonomis, layanan ini bisa jadi pilihannya. Perhitungan tarif untuk paket Jumbo Ekonomi agak berbeda dengan 2 layanan sebelumnya. Sebab, menetapkan tarif bertingkat, dengan penentuan tarif dimulai berat dari 3 kg pertama dan harganya menyesuaikan untuk setiap satu kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 kg. Durasi pengirimannya juga agak lama, kurang lebih selama 14 hari dengan dilengkapi garansi ganti rugi jika terjadi kehilangan. Fitur cek resi pos secara online juga tersedia dalam layanan ini.

Paket Regular

Layanan favorit ini cukup sering digunakan oleh masyarakat, dengan bobot maksimal 20 kg untuk paket dan 2 kg untuk surat atau dokumen. Standar waktu pengiriman maksimal hingga 14 hari. Selain itu, fitur lacak pos juga tersedia untuk setiap pengiriman paket menggunakan layanan ini. Cara untuk lacak resi pos juga tidak jauh berbeda dengan layanan lainnya, dengan langkah-langkah yang akan kami jelaskan pada poin berikutnya.

Q9 Same Day Service

Layanan ini dibuat untuk pedagang online berskala kecil dan menengah di Indonesia dan butuh kecepatan dalam pengiriman. Dengan layanan ini, dalam kurun waktu maksimal selama 9 jam saja barang bisa sampai ke tangan konsumen. Meskipun begitu, wilayah layanan pengiriman hanya mencakup kota-kota di Pulau Jawa dan Ibukota Provinsi untuk wilayah lainnya. Bobot maksimal untuk layanan Q9 adalah 5 kg, sehingga sangat cocok untuk pebisnis yang ingin mengirimkan produk dalam skala kecil.

Berbagai Status dalam Cek Pengiriman Pos

Setelah mengenal berbagai paket ditawarkan, hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah mengenai berbagai status yang biasanya digunakan saat akan lacak kiriman pos. Adapun beberapa istilah biasanya digunakan untuk cek pengiriman pos adalah:

Penerimaan di Loket

Jika saat cek pengiriman pos yang keluar adalah tulisan ‘penerimaan di loket’, berarti paket atau dokumen terkirim sudah didaftarkan untuk diproses dan posisi barang saat ini ada di kantor tempat Anda mengirimkan barang.

Diteruskan ke Hub

Status ini akan muncul ketika cek paket pos jika barang sudah mulai dikirimkan dan sedang dalam proses antri untuk pengiriman ke gudang di kota pengirim paket tersebut. Umumnya Anda bisa menemukan sebuah kode kantor pos tempat paket terkini berada saat melakukan pengecekan Tracking Pos

Tiba di Hub

Setelah barang sampai ke gudang kota pengirim, status ‘tiba di hub’ akan muncul ketika sedang cek resi Pos Indonesia. Artinya, paket terkirim sudah aman dan siap untuk diproses untuk sampai ke kota tujuan.

Diteruskan ke Kantor Antaran

Ketika paket terkirim sedang dalam proses pengiriman ke kota tujuan, status ini akan muncul. Pada tahap ini, paket Anda nantinya akan dikirimkan terlebih dahulu ke gudang yang berada di kota tujuan paket tersebut.

Tiba di Kantor Antaran

Status ‘tiba di kantor antaran’ berarti paket Anda sudah tiba dengan selamat di gudang dan berada di gudang kota tujuan. Lewat cek resi pos Anda juga bisa mengetahui kode lokasi paket yang pasti muncul pada laman pengiriman.

Proses Antar

Jika paket Anda sudah berada dalam posisi siap untuk diantarkan kurir, status ini akan muncul ketika pengecekan, baik itu cek resi biasa atau cek resi pos kilat khusus. Jangan lupa untuk memperhatikan kode kantor pos saat mengecek, karena kode ini adalah lokasi terkini paket yang Anda kirim.

Selesai Antar

Ketika barang telah dikirimkan oleh Pos Indonesia dan diterima dengan selamat, status ‘selesai antar’ akan muncul. Nantinya pada status pengiriman Anda juga bisa mengetahui siapa penerima paket tersebut.

Menemukan Nomor Resi untuk Cek Resi Pos Express

Sebelum mengecek paket terkirim lewat situs online, Anda juga perlu untuk mengetahui nomor resi atau cek barcode pos dengan melalui beberapa tahap. Tapi tidak perlu khawatir, karena cara untuk cek resi pos ini juga sangat mudah, yaitu:

Ambil Kertas Resi Pengiriman Paket

Anda bisa mendapatkannya lewat kertas bukti kiriman dan didapatkan setelah selesai mengirimkan dan membayar paket. Selain itu, Anda juga bisa minta foto dari kertas resi dari pengirim (jika berbelanja online atau akan dikirimkan paket). Pastikan agar semua tulisan di kertas terbaca dengan jelas untuk menghindari kesalahan saat memasukkan nomor resi.

Cari Kode Resi untuk Cek Resi Kantor Pos

Umumnya resi dari kantor pos berupa 11 digit nomor yang bisa ditemukan pada bagian bawah kolom ‘Jenis Kiriman’. Jika kebingungan, coba telusuri kolom bagian atas sebelah kanan.

Pastikan Posisi Kode Resi Cek Resi EMS

Kode ini umumnya tertulis sebagai ‘No. Barcode’ atau juga ‘No. Kiriman’ dari kantor. Terkadang kode pengiriman tidak selalu berupa 11 digit nomor, tapi bisa dikombinasikan dengan karakter lainnya. Yang tidak kalah paling penting, selalu temukan kode tersebut di kolom pengiriman.

Cara Cek Resi Pos Indonesia

Setelah mengetahui berbagai nama status pengiriman dan nomor resi, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara untuk cek resi pos. Untuk cek all resi, Anda dapat mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  • Temukan nomor resi pos (Airway Bill Number / e-connote / Nomor Barcode) yang akan digunakan untuk tracking pada kertas bukti pengiriman paket.
  • Masukkan nomor resi atau connote tersebut pada kotak tracking pengiriman untuk memulai pencarian.
  • Posisi paket atau kiriman barang yang akan Anda terima atau sedang kirimkan akan terlihat pada bagian bawah kotak pencarian.
  • Pada bagian bawah kotak pencarian akan muncul status atau posisi paket yang Anda kirimkan atau akan diterima.
  • Posisi paket atau kiriman barang yang akan Anda terima atau sedang kirimkan akan terlihat pada bagian bawah kotak pencarian.

Komplain Keterlambatan Pengiriman

Bagaimana jika ternyata paket yang Anda kirimkan lewat kantor pos mengalami keterlambatan? Jika hal ini terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Datang ke Kantor Pengiriman Terdekat

Cara ini merupakan yang paling mudah dan sederhana. Anda hanya perlu datang ke agen Pos Indonesia terdekat sambil membawa kertas bukti pengiriman atau nomor resi yang sudah dimiliki sebelumnya. Di kantor, Anda bisa langsung melakukan pengaduan terkait keterlambatan pengiriman yang dialami. Petugas biasanya akan menjawab sesuai keluhan yang Anda alami.

Menghubungi Via Email atau Call Center

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan keluhan adalah dengan menghubungi PT Pos Indonesia melalui email atau call center pengaduan resmi. Email resmi untuk keluhan adalah care1@posindonesia.co.id atau jika tidak ada tanggapan, Anda bisa mengganti angka ‘1’ dengan angka ‘2’ hingga ‘4’. Sedangkan nomor call center untuk aduan adalah ‘161’ yang dapat diakses melalui telepon. Jawaban atas keluhan yang Anda sampaikan akan ditanggapi secepatnya oleh perusahaan.

Sampaikan Keluhan Lewat Media Sosial

Anda juga bisa menyampaikan keluhan keterlambatan pengiriman pada akun media sosial Pos Indonesia. Saat ini perusahaan ini memiliki akun Twitter, Facebook, dan juga Instagram yang dapat Anda jangkau dengan mudah. Keluhan Anda nantinya akan dijawab oleh tim customer service. Itulah tadi penjelasan mengenai segala hal terkait Pos Indonesia di atas, mulai dari jenis paket express hingga paket kilat khusus, status pengiriman, sampai cara mengajukan komplain, kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengirimkan paket melalui pos. Seandainya Anda masih kebingungan, petugas yang ramah juga sigap membantu jika masih ada hal yang kurang jelas terkait layanan yang dimiliki.

Dengan jangkauan yang sangat luas, sudah sewajarnya pengiriman lewat kantor pos jadi salah satu alternatif Anda dalam berkirim paket. Selain itu, Anda juga bisa membayar tagihan listrik, telepon, bahkan cicilan melalui agen pengiriman lho! Ternyata ada banyak sekali ya layanannya. Jadi, Anda siap mengirim paket hari ini?